Cara Mencegah Wasir Pada Ibu Hamil

Berikut ini ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk dijadikan Cara Mencegah Wasir Pada Ibu Hamil secara efektif dan mudah untuk dilakukan.

Hampir semua wanita hamil tidak mau diserang penyakit, akan ada banyak penyakit yang akan lebih mudah terjadi pada saat hamil termasuk wasir salah satunya.

Resiko ibu hamil untuk menderita penyakit wasir cukup tinggi, bahkan bisa lebih tinggi jika tidak bisa menjaga pola hidupnya.

Cara Mencegah Wasir Pada Ibu Hamil

Cukup Mudah, Begini Pencegahan Wasir Pada Ibu Hamil Yang Bisa Dilakukan

Wasir bisa menyerang siapa saja termasuk pada wanita yang sedang hamil, penyakit ini juga bisa membahayakan ibu hamil.

Maka dari itu, melakukan pencegahan sangat dianjurkan dilakukan oleh ibu hamil apabila tidak mau mengalami wasir saat hamil.

Dan berikut ada beberapa cara mencegah wasir pada ibu hamil yang bisa dilakukan :

  • Jangan Menahan BAB

Terlalu sering menahan BAB akan berdampak buruk bagi tubuh dan salah satunya bisa mengakibatkan penyakit wasir terjadi.

  • Jangan Mengejan Terlalu Keras

Kegiatan ini akan mengakibatkan tekanan pada rektum cukup kuat sehingga tidak heran penyakit wasir akan terjadi bila mengejan terlalu keras terus dilakukan.

  • Minum Air Putih Yang Banyak

Cobalah anda biasakan minum air putih 8 gelas perharinya karena sangat bermanfaat bagi kesehatan yang salah satunya bisa membuat tinja lunak dan menghindarkan dari resiko tinggi mengidap wasir saat hamil.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Ada banyak sekali makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penyakit wasir pada ibu hamil.

Namun, kami sangat menyarankan kepada ibu hamil yang tidak mau mengidap wasir untuk lebih memperbanyak makan buah dan sayur yang kaya dengan kandungan serat.

Kandungan tersebut terbukti efektif mencegah terjadinya wasir pada ibu hamil.

  • Tidur Dengan Posisi Miring

Ibu hamil dianjurkan untuk memilih posisi miring pada saat tidur bila ingin terhindar dari resiko tinggi terserang wasir.

Tidur dengan posisi miring ternyata dapat mengurangi tekanan pembuluh darah rektum yang mana bila pembuluh darah tersebut tertekan akan memudahkan penyakit wasir menyerang.

  • Jangan Mengangkat Beban Terlalu Berat

Mengangkat beban yang terlalu berat secara otomatis akan mengakibatkan adanya tekanan pada pembuluh darah rektum, bila kondisi ini terus berlangsung maka akan sangat merugikan.

Dan kerugian yang paling tidak diinginkan ibu hamil adalah bisa memicu terjadinya penyakit wasir.

  • Tidak Boleh Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan ini akan menyebabkan adanya tekanan pada anus yang mengakibatkan resiko untuk menderita penyakit wasir meningkat.

Untuk itu, kami sangat menyarankan kepada ibu hamil untuk tidak duduk terlalu lama dan lakukanlah kegiatan fisik seperti jalan kaki atau aktivitas lainnya yang membuat anda tidak terlalu lama duduk.

  • Olahraga

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau olahraga merupakan kegiatan yang terbilang paling efektif untuk mencegah wasir pada ibu hamil.

Manfaat luar biasa dari olahraga ini bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh dan efektif untuk mencegah penyakit termasuk wasir salah satunya.

Lakukan kegiatan ini setiap hari selama 20-30 menit sehari agar manfaat yang didapat bisa lebih maksimal.

  • Tidak Minum Alkohol

Anda sedang hamil ? Anda sangat dianjurkan untuk tidak minum alkohol, karena minuman ini bisa mengakibatkan banyak kerugian bahkan mengakibatkan anda keguguran.

Disisi lain alkohol bila diminum dalam jumlah yang banyak juga bisa memicu munculnya gejala penyakit wasir.

Dengan begini, tidak heran bila ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidak minum alkohol jika ingin terhindar dari resiko tinggi mengidap wasir.

  • Menjauhi Asap Rokok

Dan satu lagi cara mencegah penyakit wasir pada ibu hamil yang bisa dilakukan adalah dengan menjauhi asap rokok.

Zat yang terkandung didalam rokok tidak hanya membahayakan kesehatan janin saja, tapi juga bisa berakibat pada mencuatnya resiko untuk mengidap wasir.

Tidak ketinggalan, ibu hamil yang tidak mau mengidap penyakit wasir juga sangat dianjurkan untuk bisa mengendalikan stres guna mencegah kesehatan menurun.

Terima kasih atas waktu yang sudah anda luangkan untuk menyimak artikel ini, semoga ada hikmah yang bisa anda petik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*