Mengenal Tahapan Stadium Kanker Paru-Paru

Setelah diagnosis kanker paru, dokter biasanya akan memberi tahu stadium kanker paru yang Anda alami. Kebanyakan orang sudah paham bahwa semakin tinggi tingkat stadium, maka semakin serius kondisi kanker. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk Mengenal Tahapan Stadium Kanker Paru-Paru.Mengenal Tahapan Stadium Kanker Paru-ParuKanker paru adalah kondisi ketika sel-sel jaringan di paru-paru tumbuh dengan luar biasa cepat, menyebabkan tumor terbentuk. Paru-paru Anda membantu Anda bernapas dan memberikan oksigen ke seluruh tubuh Anda. Menurut WHO, kanker paru-paru adalah penyebab paling umum kematian akibat kanker. Kanker paru-paru menyebabkan ketidakmampuan tubuh dalam berfungsi, menyebabkan kualitas hidup yang buruk.

Ada beberapa jenis kanker paru-paru, tetapi jenis yang paling umum dinamai berdasarkan ukuran sel dalam tumor kanker. Berikut beberapa jenis kanker yang perlu kamu ketahui.

  • Kanker paru sel kecil : kondisi ini berarti bahwa sel-sel kanker terlihat kecil di bawah mikroskop. Kondisi ini sangat jarang terjadi, sekitar 1 dari 8 orang dengan kanker paru-paru memiliki kanker sel kecil. Jenis kanker paru-paru ini dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat.
  • Kanker paru non-sel kecil : kondisi ini berarti sel-sel kanker lebih besar daripada kanker paru-paru sel kecil. Lebih banyak orang memiliki jenis kanker paru-paru ini (sekitar 7 dari 8). Kondisi ini tidak berkembang secepat kanker paru-paru sel kecil.

Jenis yang kurang umum lain dari kanker paru non-sel kecil adalah : pleomorfik, tumor karsinoid, karsinoma kelenjar ludah, dan karsinoma terklasifikasi.

Mengenal Tahapan Stadium Kanker Paru-Paru

Pentingnya bagi anda untuk mengenal tahapan stadium kanker paru dimana stadium kanker paru ini dapat memberi tahu Anda mengenai letak, ukuran, dan penyebaran tumor. Melalui stadium, dokter dapat mendiskusikan perkembangan kanker dengan pasien tanpa menggunakan terlalu banyak istlah medis.

Berikut ini tahapan stadium kanker paru yang perlu kamu ketahui :

kanker paru dengan sel besar

  • Stadium 1A. Kanker ditemukan pada lapisan terdalam paru dan ditemukan pula di jaringan paru yang lebih dalam. Tumor tidak lebih dari 3 cm dan belum menyerang bronkus atau kelenjar getah bening.
  • Stadium 1B. Kanker telah tumbuh lebih besar dan lebih dalam pada jaringan paru. Tumor telah berkembang melalui paru ke pleura, dengan diameter lebih dari 3 cm, atau telah menyebar ke bagian bronkus utama namun belum menyerang kelenjar getah bening. Pengobatan kanker paru stadium 1A/1B dapat dilakukan melalui operasi dan kemoterapi.
  • Stadium 2A. Tumor dengan diameter kurang dari 3 cm telah menyebar ke kelenjar getah bening yang berada pada sisi yang sama dengan daerah tumor.
  • Stadium 2B. Tumor belum menyebar ke kelenjar getah bening, namun telah menyerang dinding dada, bronkus utama, pleura, diafragma, atau jaringan jantung. Stadium 2B juga dapat berarti bahwa kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening dan salah satu kondisi berikut benar-benar terjadi : diameter tumor lebih dari 3 cm, tumor telah tumbuh dalam bronkus, atau tumor telah tumbuh dalam pleura.
  • Stadium 3A. Dalam tahap ini, tumor ditemukan di paru serta di kelenjar getah bening di daerah dada bagian tengah. Tumor pada stadium 3A dapat diangkat melalui pembedahan.
  • Stadium 3B. Ukuran tumor dapat bervariasi. Kanker paru telah menyerang kelenjar getah bening dan menyebar ke kedua paru, leher, jantung, pembuluh darah besar, atau kerongkongan, sehingga tidak dapat diangkat melalui operasi. Tumor pada stadium 3B umumnya diobati melalui kemoterapi dan terkadang terapi radiasi.
  • Stadium 4. Kanker paru telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Stadium 4 merupakan tahap yang paling akhir dari kanker paru. Pasien mungkin menjadi kandidat uji klinis untuk mengevaluasi efikasi dan keamanan obat baru.

Kanker paru dengan sel kecil

Kanker paru dengan sel kecil biasanya tidak mengikuti klasifikasi stadium formal. Kanker ini cenderung menyebar (bermetastasis) secara dini dan diklasifikasikan ke dalam dua tahap, yaitu stadium dini dan stadium lanjut.

  • Stadium Dini : Menunjukan bahwa kanker paru dibatasi pada satu sisi dada.
  • Stadium lanjut : Menunjukan bahwa kanker paru telah menyebar di daerah luar dada, seperti hati, kelenjar adrenal, tulang dan otak.

Perlu di ingat bahwa stadium tidak selalu menunjukan hasil (prognosis) dari kanker paru Anda. prognosis tergantung pada kondisi kesehatan secara menyeluruh, kekuatan, kondisi medis lainnya, dan respon terhadap pengobatan.

Artikel Herbal

Mengenal Tahapan Stadium Kanker Paru-Paru

Jangan sampai anda mengabaikan penyakit kanker paru karena kini telah hadir pengobatan terbaik bagi penyakit kanker paru-paru yakni dengan Obat Tradisional Zedoril-7 yang telah terbukti ampuh mengobati penyakit kanker paru ini.

Mengenal Tahapan Stadium Kanker Paru-Paru

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*