Inilah Penyebab Penyakit Alzheimer Yang Perlu Di Waspadai

Penyebab Penyakit Alzheimer Yang Perlu Di Waspadai ,- Sering kali kita melihat orang di sekitar kita mengalami kepikunan, hal ini menjadi hal yang wajar dan dimaklumi. Lalu bagaimana jika kepikunan itu terjadi berulang-ulang setiap jam atau menit? Tentunya hal ini harus kita waspadai, sebab bisa jadi kepikunan yang berulang kali disebabkan oleh penyakit Alzheimer.Inilah Penyebab Penyakit Alzheimer Yang Perlu Di WaspadaiPenyakit Alzheimer adalah penyakit progresif atau perlahan-lahan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Penyakit ini membuat jaringan otak rusak seiring berjalannya waktu.

Biasanya penyakit ini dimulai dengan gejala pikun ringan seperti mudah lupa tentang kejadian-kejadian yang belum lama dilalui. Kemudian lambat laun, gejala lain bisa muncul termasuk kerap terlihat bingung, kesulitan berkomunikasi, mengalami gangguan kecemasan dan perubahan suasana hati yang dramatis, bahkan tidak mampu lagi melakukan aktivitas tanpa dibantu orang lain.

Rata-rata pasien Alzheimer hanya dapat hidup selama 8-10 tahun setelah terdiagnosis. Namun, ada keadaan tertentu di mana pasien bisa hidup lebih lama jika cepat terdeteksi dan terobati. Walaupun penyakit ini biasanya bukan karena faktor genetik, tapi jika ada anggota keluarga yang sakit, anda berisiko terkena penyakit Alzheimer.

Gejala Penyakit Alzheimer

Pada beberapa kasus yang lebih parah, orang yang menderita penyakit Alzheimer bisa lupa orang-orang yang dicintainya, lupa cara berpakaian, dan hingga lupa bagaimana cara menggunakan toilet. Seiring berjalannya waktu, gejala Alzheimer lain yang bisa muncul, diantaranya :

  • Sulit untuk fokus
  • Kesulitan melakukan aktivitas normal
  • Merasa bingung atau frustasi, terutama pada malam hari
  • Perubahan suasana hati seperti marah, cemas hingga depresi
  • Merasa bingung dan tersesat dengan mudah
  • Sulit untuk berjalan dan memiliki keseimbangan yang buruk
  • Sulit berkomunikasi

Penyakit Alzheimer membuat jaringan otak penderita mengalami kerusakan dari waktu ke waktu, yang dalam dunia medis disebut dengan atrofi otak. Kondisi ini membuat otak semakin lama semakin mengecil. Hal ini biasanya terjadi pada orang di atas usia 65 tahun.

Penyebab Penyakit Alzheimer Yang Perlu Di Waspadai

Hingga saat ini penyebab pasti penyakit Alzheimer belum diketahui. Namun para ahli yang melakukan penelitian mengemukakan bahwa di dalam otak penderita terjadi pengendapan protein beta-amyloid dan kekusutan neurofibril yang menghalangi suplai nutrisi antar sel otak.

Seiring waktu, beta amyloid yang mengendap dan neurofibril yang kusut akan merusak dan mematikan sel-sel otak sehingga akhirnya membuat ukuran otak menyusut. Saat proses tersebut berjalan, gejala akan tampak pada penderita, yaitu berupa daya ingat berkurang, perubahan suasana hati, dan menurunnya kemampuan bicara.

Rusaknya sel-sel otak juga dapat menurunkan kadar neurotransmitter di dalam otak yang berimbas kepada kacaunya koordinasi antarsaraf otak. Berikut ini sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer.

  • Usia. Penyakit Alzheimer rentan diidap oleh orang-orang yang telah berusia di atas 65 tahun (terlebih lagi bagi mereka yang berusia di atas 80 tahun). Namun dari keseluruhan kasus yang terjadi, lima persen penderita penyakit alzheimer adalah orang-orang yang berusia 40-65 tahun.
  • Berjenis kelamin wanita.
  • Pernah mengalami cedera parah pada bagian kepala.
  • Genetik. Menurut penelitian, mereka yang memiliki orang tua atau saudara dengan Alzheimer akan lebih berisiko terkena penyakit yang sama. Kurang dari lima persen kasus penyakit Alzheimer terjadi akibat perubahan atau mutasi genetik yang diturunkan dari generasi sebelumnya.
  • Mengidap sindrom Down. Gangguan genetik yang menyebabkan terjadinya sindrom Down juga dapat menyebabkan penumpukan protein beta-amyloid di otak sehingga memicu terjadinya penyakit Alzheimer.
  • Mengidap gangguan kognitif ringan. Orang-orang dengan kondisi ini biasanya akan memiliki masalah pada daya ingat yang mungkin saja dapat memburuk seiring perkembangan usia.

Selain faktor-faktor di atas, sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer. Karena itu, harap waspada jika anda sering terpapar asap rokok, jarang berolahraga, jarang mengonsumsi makanan berserat, menderita kolesterol tinggi, hipertensi, obesitas, diabetes tipe-2.

Gaya hidup sehat memang syarat utama bagi seseorang agar tidak mengidap penyakit Alzheimer, untuk dapat mencegah penyakit alzheimer sebaiknya kamu lebih banyak berolahraga, dan menghindari minuman beralkohol, berhenti merokok, dan menjaga otak agar tetap aktif bekerja.

Terimakasih telah berkunjung pada artikel mengenai Penyebab Penyakit Alzheimer Yang Perlu Di Waspadai yang pada kesempatan kali ini dapat saya ulas, semoga bermanfaat dan menjadi jalan kesembuhan bagi anda.

Posted by : Obat Alzheimer Tradisional

IKLAN PENTING

Inilah Penyebab Penyakit Alzheimer Yang Perlu Di WaspadaiPenyakit Alzheimer dapat sembuh dengan cepat jika mengonsumsi Gamat Emas Kapsul yang telah terbukti khasiatnya dalam mengobati penyakit alzheimer.

Inilah Penyebab Penyakit Alzheimer Yang Perlu Di Waspadai

1 Trackback / Pingback

  1. Cegah Penyakit Alzheimer Dengan Makanan Terbaik Ini | OBAT KANKER PARU PARU ALAMI TANPA OPERASI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*